Mengaktifkan Lagi Kartu Indosat yang Sudah Mati

Jika Anda pengguna nomor Indosat, dan terblokir atau mati, maka jangan panik. Ada cara untuk mengaktifkan kembali kartu Indosat yang sudah terblokir. Perlu Anda ketahui bahwa untuk masalah kartu perdana provider apa pun yang sudah terblokir dan mati karena berbagai hal, maka kemungkinan besar tidak akan dapat diaktifkan kembali. Termasuk juga provider kartu Indosat. Apabila nomor Indosat Anda mati maka kemungkinan besar kartu akan kembali hanya 50%.

Hal itu tentunya tak sesuai dengan kebijakan yang provider itu sendiri buat dengan tidak bisa mengaktifkan kembali nomor kartu Indosat Anda yang sudah mati, apalagi apabila nomor Anda matinya sudah lama.  Akan tetapi tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengaktifkan nomor Indosat Anda yang sudah mati atau terblokir jika nomor Anda tersebut benar-benar penting bagi Anda.

Penyebab Kartu Indosat Terblokir atau Mati

Saat ini sebagian besar orang sudah tidak terlalu lagi memikirkan tentang masa aktif kartu yang dimilikinya. Maka sering kali kita tidak sadar bahwa pulsa sudah habis atau limit dan mendekati masa aktif hampir habis. Yang lebih parahnya kita biasanya tidak menyadari bahwa nomor Anda sudah melebihi masa tenggang sampai akhirnya nomor Anda terpaksa akan terblokir secara otomatis.

Hal tersebut sering terjadi di masyarakat Indonesia karena mereka lebih peduli akan masa aktif kuota internet dibandingkan masa aktif kartu. Apalagi saat ini segalanya bisa dilakukan dengan menggunakan kuota internet dibandingkan menggunakan pulsa. Jadi, tidak heran apabila banyak orang yang lupa memperpanjang masa aktif kartu sampai kartunya terblokir otomatis sehingga kartu tidak bisa dipergunakan lagi.

Kartu Anda yang terblokir atau hangus juga dapat disebabkan karena dalam penggunaan tidak melakukan registrasi dengan nomor NIK dan juga nomor KK. Aturan tersebut memang sudah diresmikan tahun 2018 oleh pemerintah. Jika tidak diregistrasi Maka nomor Anda akan secara otomatis diblokir secara bertahap.

Cara Mengaktifkan Kartu Provider Indosat Yang Terblokir Atau Mati

Sebetulnya dari pihak Indosat sendiri sudah memberikan keringanan kepada para penggunanya. Walaupun nomor Indosat Anda melewati masa tenggang, maka nomor Anda dapat diaktifkan kembali jika melewati tiga hari. Tetapi jika nomor Anda sudah melewati waktu masa tenggang tersebut maka Anda harus melakukan langkah-langkah supaya dapat mengaktifkan kembali nomor kartu Indosat Anda yang sudah mati atau terblokir.

  1. Anda harus datang ke service center resmi Indosat. Biasanya di setiap kota ada kantor service resminya. Bawalah kartu identitas Anda berupa KTP dan kartu Indosat Anda yang akan Anda aktifkan kembali. Dibutuhkan data tersebut karena akan digunakan untuk diperiksa kebenaran dan kesesuaian datanya dengan data yang sudah terdaftar di kartu SIM Anda. Jika datanya tidak sesuai satu sama lain maka akan sulit untuk diaktivasi lagi.
  2. Kemudian Anda diberikan form untuk diisi data pribadi Anda. Isilah data pribadi Anda sesuai dengan data KTP Anda dengan sesuai maka akan mudah untuk diaktivasi.
  3. Setelah itu Anda hanya menunggu saja dalam jangka waktu yang sudah ditentukan dan biasanya tidak lama hanya beberapa hari saja. Apabila dalam beberapa hari nomor Indosat Anda tidak kunjung aktif lagi, maka Anda dapat kembali lagi ke gerai Indosat dan menanyakan lagi kartu Indosat Anda apakah sudah diaktivasi lagi atau tidak.
  4. Pelanggan Indosat yang akan mengaktifkan kembali kartu Indosat Anda yang sudah terblokir atau mati maka pelanggan Indosat akan dikenakan biaya aktivasi sebesar Rp 35.000, untuk biaya administrasi Rp 10.000 dan untuk isi pulsa nomor kartu Indosat sebesar Rp 25.000.
Share